Transit Planet Venus Pada Rabu, 6 Juni 2012. Lebih Langka dari Fenomena Gerhana

Transit Planet Venus Pada Rabu, 6 Juni 2012 Besok. Lebih Langka dari Fenomena Gerhana Matahari

Sebuah kejadian langka alam semesta akan terjadi pada Rabu, 6 Juni 2012. Pada hari itu, Planet Venus diperkirakan akan melewati matahari.

Read more from http://www.tempo.co/read/news/2012/0…rhana-Matahari
Pemandangan seperti ini hanya akan terjadi lagi seratus tahun mendatang. Jadi hanya kemungkinan kecil kita akan melihat fenomena langit bernama transit Venus ini. Saking langkanya, banyak museum dan sekolah di seluruh dunia sengaja membuat acara untuk melihat kejadian ini. Bahkan para astronaut luar angkasa di stasiun ruang angkasa internasional pun berencana mengamatinya.

Venus akan muncul sebagai titik hitam kecil yang meluncur memutari matahari. Seperti saat melihat gerhana matahari, jangan menatap langsung ke matahari. Masyarakat disarankan memakai kacamata pelindung khusus.

Tidak seperti gerhana matahari, transit Venus benar-benar langka. fenomena ini akan datang secara berpasangan dan dipisahkan oleh lebih dari 100 tahun. Pasangan fenomena yang akan terjadi pada tahun ini adalah kejadian tahun 2004. Pasangan berikutnya akan terjadi lagi pada 2117 dan 2125.

Kejadian ini akan terjadi sejak Selasa, 5 Juni 2012 sore, pada belahan Bumi bagian barat dan Rabu, 6 Juni 2012 pagi, pada belahan Bumi bagian timur. Fenomena alam ini diperkirakan akan berlangsung selama 6 jam dan 40 menit di daerah barat Pasifik, daerah timur Asia, dan Australia bagian timur.

Masyarakat di daerah Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Amerika Tengah, Utara dan Selatan akan melihat awal dari fenomena itu. Mereka akan melihatnya sebelum matahari tenggelam. Namun daerah Eropa, Asia Tengah, Afrika Timur, dan Australia Barat akan melihat sisa-sisa kejadian itu setelah matahari terbit. Bagi warga yang tidak ingin meninggalkan rumah, mereka dapat melihatnya dengan siaran langsung yang disiarkan oleh NASA dan berbagai pengamatan.

Bagi masyarakat yang ingin melihat kejadian ini secara lengkap, mereka disarankan melihatnya dari Hawaii. Sebab diperkirakan fenomena itu akan terjadi secara menyeluruh di tempat itu. Lagi pula, dari Pantai Waikiki di Oahu hingga di daerah puncak Mauna Kea di Big Island, kacamata gerhana matahari akan dibagikan sehingga masyarakat dapat dengan aman melihat transit Venus itu.

Kejadian ini akan berlangsung lama. “Kejadian ini memerlukan waktu yang lebih lama daripada gerhana matahari atau gerhana bulan,” kata salah seorang peneliti dari WM Keck Observatory di Big Island.

Venus memiliki ukuran yang hampir sama dengan Bumi. Planet yang berada di antara Merkurius dan Bumi ini adalah salah satu obyek yang paling terang di langit malam karena awan tebalnya lebih memantulkan sinar matahari ke luar angkasa.

Selama kejadian ini, tidak akan terjadi perbedaan cahaya di langit. Venus hanya akan menutupi sebagian kecil permukaan matahari.

About fadhiladin

nama saya fadhil muhammad

Posted on Juni 6, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: