Perubahan Kebudayaan masa lalu dan sekarang

A. Perubahan Kebudayaan dari Masa Lalu

Perubahan dapat kita lihat dari beberapa aspek, yakni cara berpakaian, sudut pandang, cara berbicara, serta gelagat dari manusia. dan tentunya seiring dengan perubahan jaman, kebudayaan juga ikut berubah.

pada masa lalu, kebudayaan masih sangatlah kental khususnya di negara Indonesia ini. Tata krama serta sopan santun masih terlihat jelas di kalangan bangsa ini. Ini terlihat dari prolaku serta gaya bicara pada masa tersebut. Ini juga terjadi pada tulisan-tulisan yang ada ditanah air. ejaan-ejaan lama masih digunakan di masa ini. Ditambah lagi dengan pakaian-pakaian yang sederhana dan sopan mencerminkan khas bangsa timur yang berbeda dengan bangsa barat.

B. Perubahan Kebudayaan pada Masa Kini

seiring dengan perjalanan waktu, kebudayaan mengalami perubahan. Hal ini juga terjadi di Indonesia. Orang-orang lebih suka mengadopsi kebudayaan luar.

sebenarnya hal ini sudah terjadi sejak masa penjajahan. perubahan-perubahan ini terjadi dari segi pakaian, prilaku dan lain-lain. Orang-orang yang masih menggunakan adat masa lalu dinilai kolot. Nilai dalam tata krama semakin dilupakan. Menghilang dan tenggelam di perubahan zaman. Pakaian-pakaian mereka lebih terbuka. tak hanya dikalangan orang dewasa, bahkan remaja, orang tua sampai anak-anak sudah biasa berpakaian seperti ini.

Bahkan menghormati orang yang lebih tua tidak diindahkan oleh prilaku mereka. mereka lebih individualisme. anak-anak muda lebih bersikap acuh dengan lingkungan sekitarnya. Perubahan budaya timur ke barat lebih terasa. Dan bangsa timur mulai melupakan identitasnya.

About fadhiladin

nama saya fadhil muhammad

Posted on September 19, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: